Bukan cuma Hobi, Ini Investasi!


Kalau suatu saat Anda mendapat kesempatan berkunjung ke rumah Erick Thohir, jangan kaget melihat ratusan action figure yang memenuhi rumahnya. Direktur Utama PT Visi Media Asia Tbk (VIVA) ini memang hobi mengoleksi patung mini tersebut. Pria kelahiran 30 Mei 1970 ini mengaku doyan mengoleksi action figure bikinan luar negeri. Saking demennya, Erick selalu menyempatkan diri berburu action figure setiap kali sedang bertugas atau berlibur ke luar negeri. Erick tidak ragu merogoh kocek dalam-dalam demi mendapatkanaction figure idaman.

Ia pernah mengeruk dompetnya hingga US$ 1.000 untuk membeli action figure pertempuran Thermopylae antara bangsa Sparta dan Persia. Anda yang pernah menonton film 300 tentu akrab dengan kisah ini. Erick bilang, action figure pertempuran ini buatan Rusia. “Ada rajanya, Leonidas. Lalu ada yang sedang berdiri, ada yang mati,” ujar dia menggambarkan action figure favoritnya tersebut. Kalau kebanyakan orang lebih senang mengoleksi action figuresuperhero, Erick lebih suka action figure tokoh-tokoh terkenal.

Di antara koleksinya ada action figure Napoleon, Sultan Saladdin, Julius Caesar, serta ratu Mesir Cleopatra. Buat Erick, mengoleksi action figure bukan sekadar hobi. “Bisa sebagai investasi, karena bisa dijual lagi. Kalau limited editionharganya bisa melonjak tinggi,” tuturnya. Ada yang mau dilepas, bos?

Sumber Mingguan KONTAN, Edisi 18 - 24 Maret 2013