Batmobile 1966 terjual $ 4.2 juta !


Seorang pria Arizona penggemar Batman dan Robin membeli Batmobile asli yang digunakan dalam serial televisi dengan harga 4,2 juta dolar AS atau sekira Rp 54 miliar dalam lelang. Setelah lelang di Scottsdale, Arizona, Sabtu (19/1), Rick Champagne, pemilik perusahaan logistik di daerah Phoenix (Amerika Serikat), membawa pulang mobil futuristik hitam dengan dua tempat duduk dalam serial "Batman" yang dibintangi oleh Adam West dan Burt Ward dari tahun 1966 sampai 1968.

 "Saya sangat suka Batman dan saya datang ke sini untuk membeli mobil," kata Champagne (56) dalam wawancara singkat dengan Reuters setelah membeli mobil itu. "Saya cukup yakin bisa membelinya. Itu mimpi yang jadi kenyataan," kata dia. Lelang pertama mobil itu ke publik dilakukan oleh rumah lelang Barrett-Jackson. Selain harus membayar 4,2 juta dolar AS, pembeli juga harus membayar biaya tambahan sekitar 420 ribu dolar AS atau sekitar Rp4 miliar. Dasar Batmobile adalah mobil Lincoln Futura 1955, mobil konsep yang dibuat Ford Motor Co di Italia. Tahun 1965, mobil itu dibeli oleh George Barris, yang hanya punya waktu 15 hari dan 15.000 dolar AS untuk mengubah mobil itu menjadi mobil pertunjukan televisi.


Kepada Reuters, Barris mengatakan dia memasok kebutuhan mobil untuk film dan pertunjukan sebelumnya, tapi dia membuat Batmobile berbeda dari yang lain. "Saya ingin mobil ini juga melakukan sesuatu sepeti yang dilakukan para aktor. Mobil ini harus bisa menjadi bintang. Dan itu jadi kenyataan," kata Barris (87) sebelum lelang.

 Batmobile punya mesin V-8 dan beberapa perangkat di roda kemudi, dengan benda-benda inovatif seperti tombol transmisi. Penonton juga mengingat tambahan perangkat Batman terbaik yang ditambahkan ke dalam serial itu, termasuk telepon mobil dan kemampuan untuk mengeluarkan minyak, asap dan paku untuk merintangi penjahat, juga parasut kembar di bagian belakang.

 Barris mengatakan kendaraan itu dipertontonkan ke pelosok negeri setelah serial dan film Batman, dan kemudian disimpan di ruang pamer pribadi di California. Dia mengatakan ini saat untuk berpisah dengan mobil populer itu dan menyerahkan kunci mobil Bat kepada pemilik baru. (Sumber : Antara)