Toys blog dan Toko mainan online terpercaya, jual mainan anak dan action figure murah.

Komikus Indonesia Bikin Desain fun Art Wayang Venom



Columbia Pictures dan Marvel Entertainment baru saja meluncurkan film antihero, Venom. Film ini resmi dirilis pada 3 Oktober 2018.

Munculnya musuh bebuyutan Spider-Man ini sebagai karakter utama dalam suatu film tentu membuat fansnya bahagia.

Di Indonesia, salah satu komikus yang juga penggemar film Marvel, Is Yuniarto (37), kemudian membuat fan art wayang Venom yang di-post di media sosial.

"Saya bikin wayang Venom untuk mengapresiasi film Venom dan juga kesenian wayang kulit," ujar Is saat dihubungi Kompas.com pada Kamis (4/10/2018).

Awalnya, Is mendapat inspirasi membuat wayang Venom dari profesinya sebagai komikus yang tengah menggarap judul komik Garudayana. Komik itu berkisah tentang Garuda, tokoh pewayangan (tradisional) dengan gaya gambar modern.

"Lalu saya coba bereksperimen, bagaimana kalau seandainya dibalik, menjadi karakter dari cerita modern atau pop dibuat dengan style tradisional yakni wayang kulit," ujar pria yang berasal dari Surabaya.

"Jadinya sebuah hibrida desain wayang pop seperti wayang Venom ini," kata Is.

Adapun untuk proses pembuatan desain wayang Venom ini membutuhkan waktu tiga hingga lima hari. Ini termasuk riset bentuk karakter, eksperimen bentuk ragam motif wayang, sketsa hingga pewarnaan digital.

Dalam proses pembuatan, Is mengaku mengerjakannya seorang diri dan relatif lancar tanpa adanya kesulitan.

Is mengaku telah membuat fan art berdesain wayang ini beberapa tahun yang lalu. Ia juga pernah membuat desain wayang Avengers dan Star Wars.

Hal yang menarik, pada Mei 2018, Is diminta oleh pihak Disney Entertainment untuk ikut promo film Avengers: Infinity Wars (2018) di Marina Bay, Singapura.

"Mereka meminta saya untuk membuat wayang kulit asli dari desain yang saya bikin, dan menyerahkan langsung pada aktor Avengers yaitu Benedict Cumberbatch (Dr Strange), Karen Gillan (Nebula), dan Joe Russo selaku sutradara film Avengers," ujar Is.

Sementara, untuk desain wayang Venom ini belum direncanakan untuk dibuat versi fisik wayangnya.

Selain itu, Is biasanya menamai desain wayangnya dengan nama-nama berbahasa Jawa. Seperti desain wayang "Black Panther" yang diberi nama "Macan Ireng".

"Saya menamai desain wayang Venom dengan nama 'Wisashura' yang berasal dari kata 'Wisa/Bisa' atau dalam bahasa Indonesia yang berarti racun," ujar Is.

Sumber kompas

Komikus Indonesia Bikin Desain fun Art Wayang Venom Komikus Indonesia Bikin Desain fun Art Wayang Venom Reviewed by Unknown on December 18, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.