Temukan mainan anak dan koleksi action figure murah. Titip-jual mainan bekas di rumah dan dapatkan uang tambahan.

NEW ARRIVAL

Mainan Kapal Ketek/ Otok otok Tetap Eksis di Pasar 16 Ilir Palembang


Siapa yang tak kenal dengan mainan kapal berbahan logam yang mengeluarkan bunyi "tek tek tek" saat berlayar di permukaan air.

Permainan yang sudah hampir punah itu bernama kapal ketek.

Seiring perkembangan zaman, mainansederhana itu kalah bersaing dengan mainan berteknologi.

Dari pantauan Sripoku.com Kamis (13/12/2018), terlihat hanya ada beberapa pedagang mainan tradisional yang masih bertahan berjualan mainan Kapal Ketek itu di Pasar 16 Ilir Palembang dan saat ini jauh menurun dibandingkan dulunya.

Satu buah mainan Kapal Ketek itu dijual dengan harga Rp 15 ribu. Mainan tradisional itu bisa dimainkan dengan meletakkannya di permukaan air dalam ember kecil.

Cara memainkannya adalah dengan menggunakan air, bahan bakar minyak goreng, kapas dan korek api.

Junaidi, salah seorang penjual mainan kapalketek yang berada di Pasar 16 Ilir mengatakan, memang masih ada beberapa peminat, tapi tidak seramai beberapa tahun lalu.

Biasanya yang beli anak-anak, karena harganya murah dan cara mengoperasikannya juga mudah.

"Memang sudah tak banyak lagi yang beli mainan ini, tetapi kita terus coba berusaha memperkenalkan kembali," jelasnya saat diwawancarai Sripoku.com.

Mainan kapal ketek yang sudah mulai tergerus dan kini sudah sepi peminat yang dijual pedganag di Pasar 16 Ilir Palembang, Kamis (13/12/2018). 

Pria yang sudah berjualan puluhan tahun itu memang mengakui bahwa kapal ketek ini menjadi permainan mayoritas anak-anak pada masanya.

Kini, untuk menjual nya pun agak susah karena banyak anak-anak yang sudah bermain smartphone.

"Pangsa nya memang sudah sepi, prihatin pasti karena permainan tradisional sudah mulai dilupakan, terkadang yang beli malah orang dewasa," ujarnya.

Kini ia juga menerima pesanan apabila ada yang ingin memesan untuk souvenir, bingkisan ulang tahun. Proses pembuatannya pun tidak terlalu lama.

"Sekarang kita menerima pesanan pembuatan berapapun jumlahnya, satu hari biasanya laku hanya sepuluh hingga 20 buah," ujarnya.

Sebelum bisa dijalankan, kapal ketek diberi air pada buritan kapal. Lalu kapas yang diletakkan di corong pembakar diberi minyak goreng dan dibakar. Setelah api hidup, corong pembakar dimasukkan ke tengah badan kapal ketek. Setelah panas, kapal ketek akan berjalan dengan memutari ember.

Penggunaan bahan bakar minyak goreng akan lebih awet dan lama dibandingkan minyak tanah. Ketek-ketekan itu terbuat dari aluminium tipis.

Sumber : Tribun
Mainan Kapal Ketek/ Otok otok Tetap Eksis di Pasar 16 Ilir Palembang Mainan Kapal Ketek/ Otok otok Tetap Eksis di Pasar 16 Ilir Palembang Reviewed by Th1nkerman on January 11, 2019 Rating: 5

No comments:

Planetoyz Shop :
Powered by Blogger.