Temukan mainan anak dan koleksi action figure murah. Titip-jual mainan bekas di rumah dan dapatkan uang tambahan.

NEW ARRIVAL

Meraup Puluhan Juta Rupiah dari Action Figure Capres

Harga action figure tokoh yang paling mahal bisa sampai Rp 10 juta.

Momentum Pemilihan Umum Presiden (Pilpres) 2019 dimanfaatkan betul oleh Iwan Awiryawan (41) untuk meningkatkan perekonomian keluarga. Warga Jajar RT 02 RW 06, Laweyan, Solo, tersebut membuat kerajinan action figure dari para calon presiden yakni Joko Widodo dan Prabowo Subianto.

buatan luar negeri harganya terbilang mahal. Karenanya, Iwan tertarik untuk membuat sendiri.

Kemudian, dia belajar secara otodidak dari temannya yang juga pembuat action figure. Tokoh pertama yang dibuat yakni Batman.

Iwan menghabiskan satu bulan lebih untuk membuat action figure Batman. Hasilnya tidak terlalu buruk. Tingkat kemiripan sampai 50 persen.

Action figure capres yang banyak dicari

Iwan mengaku membuat action figureJokowi dan Prabowo sejak ada momen Pilpres ini. Pada Pilpres 2014 sebenarnya Iwan sudah mencoba membuat action figure Jokowi dan Prabowo tetapi hanya untuk koleksi pribadi. Sekarang, action figure tersebut dia jual ke pasar.

Menurut suami dari Yunita Dewi Utami (40) tersebut, produknya tersebut memiliki keunggulan karena memiliki konsep. Berbeda dengan action figurebiasanya yang tidak terkonsep. Konsep tersebut antara lain, figurnya mengenakan pakaian tradisional, serta dikonsep kepala figur bisa menggeleng-geleng.

"Saya bikin model tradisional menandakan itu asli Indonesia. Kalau konsep geleng-geleng karena saya melihat situasinya sekarang beda sama dulu. Sekarang kan kampanye cenderung fitnah, hoaks dan panas-panasan. Mudah-mudahan setelah melihat ini minimal jadi tersenyum," ungkap bapak dua anak tersebut.

Iwan menyatakan ingin menyampaikan pesan kepada masyarakat Indonesia dalam momen Pilpres ini daripada saling adu komentar tidak jelas di media sosial, lebih baik membuat sesuatu yang bermanfaat.

silikon rubber.

Setelah membentuk figur tokoh kemudian dibuka baru dicetak mengunakam resin dan pengeras. Setelah itu, figur tersebut siap diwarnai dengan cat akrilik.

Proses cetak dan mewarnai bisa dilakukan tak sampai satu jam. Namun, pembuatan master bisa menghabiskan waktu lebih dari sepekan.

"Kesulitannya diwujudkan nyata seperti ini. Masing-masing orang punya karakter sendiri-sendiri. Yang sulit dapat karakternya. Yang paling susah itu figur Jokowi, wajahnya agak unik, lain sama Prabowo bisa selesai tiga hari. Kalau Jokowi dua minggunan baru jadi," ungkapnya.

Produk-produk tersebut dipasarkan secara daring di media sosial seperti Facebook dengan nama akun Iwan Awiryawan dan Instagram dengan akun @iwanawkraft. Pelanggan Iwan kebanyakan berasal dari Jakarta, Surabaya, Solo dan Tangerang. Dia berharap produknya bisa sampai ke Aceh dan Papua.

Action figure khusus calon presiden tersebut dijual seharga Rp 350 ribu sampai Rp 1 juta. Sedangkan action figuretokoh pejabat harganya menyesuaikan permintaan pemesan, yang paling mahal bisa sampai Rp 10 juta.

Selama Januari 2019, Iwan mengirim 15 produk kepada konsumen. Sedangkan Februari 2019 baru mengirim 10 produk. "Yang paling banyak dicari itu figur Jokowi," ungkapnya.

Iwan optimistis bisnis action figurememiliki prospek bagus. Sebab, di Solo hanya beberapa ada pengrajin action figure, sehingga saingannya belum banyak. Sedangkan untuk menjadi pengrajin action figure dibutuhkan keterampilan khusus.

Sehari-hari, Iwan bekerja sebagai satuan keamanan di Bank BRI di Solo. Sepulang bekerja, dia baru membuat kerajinan action figure. "Ini untuk mengisi waktu dan daripada komentar tidak jelas di media sosial," ujarnya.

Sumber : Republika 
Meraup Puluhan Juta Rupiah dari Action Figure Capres Meraup Puluhan Juta Rupiah dari Action Figure Capres Reviewed by Th1nkerman on February 28, 2019 Rating: 5

No comments:

Planetoyz Shop :
Powered by Blogger.